18 Agustus 2012

INFEKSI KORNEA MATA

Jangan Sepelekan Sakit Mata

Pengen share pengalaman aja.
Ini tentang sakit mata. Sekitar 2 minggu yang lalu, aku mengalami sakit mata. Keluhan cuma sekedar mata merah dan perih di mata sebelah kiri. Awalnya aku kira sakit mata biasa aja (konjungtivitis). Pikirku, pake obat mata (buat iritasi ringan) biasa mungkin beberapa hari juga udah sembuh..
3 hari , 5 hari berlalu,  udah rutin aku tetesin obat mata. Mataku udah gak memerah sih.. tapi semakin nyeri n perih banget. Temenku nyaranin pake obat mata "cendoxitrol" .. Emang harganya 4x lebih mahal dari obat tetes mata biasa. tapi efeknya alhamdulillah luar biasa. udah 2x tetes, rasanya mendingan.

Rasanya udah hampir sembuh, tapi mata terasa amat sangat gatal (mungkin efek obat n pertanda mau sembuh). Kesalahan terbesarku adalah, saking ngga' tahannya, akhirnya aku kucek terus ini mata.. ditambah lagi ngga' aku lanjutin lagi tetesin obat cedoxitril'nya (soalnya ilang, lupa naruhnya dimana #hehe).
Efeknya, keadaan jadi semakin memburuk. Beberapa hari kemudian, nyeri mataku semakin menjadi-jadi dan mata kiriku jadi bengkak. Keesokan harinya, pandangan mata kiriku memburuk (pandangan jadi kabur gitu). Kalo mata kanan ditutup, mata kiri ga' bisa dipake baca tulisan #parah banget.

Akhirnya, karena takut, aku berobat ke dokter spesialis mata.
Setelah dilakukan tes mata dan diperiksa secara detail. Akhirnya aku didiagnosa INFEKSI KORNEA MATA.. Argghh, syockterapi.. Kata dokter, ini bukan sakit mata biasa. Kudu telaten ngobatinnya. Sembuhnya maksimal 2 minggu.. Hmmmm.. totalnya jadi 4 minggu deh kalo diitung dari awal gejala..
Kata dokter, infeksi kornea mata bisa juga disebabkan karena debu jalanan, penggunaan kontak lens, yang menyebabkan peradangan akibat mikroorganisme.
Akhirnya aku dikasih obat 3 macem..
2 macem obat tetes mata (2 macem "cendo" masing-masing 4x1 tetes sehari)
1 macem obat minum ("ciprofloxacin" 2x sehari)


INFEKSI KORNEA MATA
Infeksi kornea adalah peradangan pada kornea, yaitu bagian jernih di bagian depan bola mata yang memungkinkan cahaya masuk ke dalam mata.
Infeksi atau peradangan dapat disebabkan oleh mikro-organisme seperti bakteri, jamur, parasit - akanthamoeba & mikrosporidia, dan virus seperti herpes simpleks

Apa penyebab Infeksi Kornea? 
Infeksi kornea biasanya terjadi karena paparan terhadap bakteri, virus atau agen mikrobiologi yang menyebabkan mata menjadi merah dan bengkak. Pada kasus parah, ini dapat menyebabkan perubahan bentuk kornea yang kemudian dapat  mengarah ke kondisi astigmatisma, kekeruhan kornea karena luka atau kombinasi keduanya. Selain dari infeksi dikarenakan lensa kontak, infeksi kornea dapat juga terjadi karena adanya abnormalitas atau gangguan pada permukaan mata atau kornea atau pada kasus cidera mata

Bagaimana Infeksi Kornea diobati?
Infeksi kornea biasanya diobati dengan tetes mata anti infeksi dan salep mata. Pada kasus infeksi bakteri, dokter biasanya meresepkan tetes mata antibiotik. Pada umumnya, pasien-pasien dengan infeksi kornea parah dirawat inap di rumah sakit. Sampel dari daerah infeksi akan diambil untuk identifikasi jenis organisme penyebab infeksi, sebelum pengobatan dimulai. Pengobatan intensif dengan tetes mata dilakukan dan disesuaikan hingga infeksi membaik. 

Apakah operasi diperlukan?
Operasi untuk kasus infeksi kornea mungkin disarankan pada tingkat infeksi yang sangat parah atau dimana pengobatan medis contohnya tetes mata tidak lagi membantu. Operasi mungkin juga disarankan jika penglihatan memburuk karena kornea terluka akibat infeksi. Operasi yang dilakukan pada situasi ini bertujuan untuk mengambil kornea berpenyakit (dimana luka atau infeksi parah terjadi) dan mengganti kornea yang diambil dengan kornea buatan atau cangkok.



Sumber :

4 komentar:

  1. saya juga mengalami itu tapi sekarang gak tau ini nasibnya gimana dibawa ke dokter umum yg sok tau ada garis putih di kornea dibilang kotoran terus di korek korek ama itu dokter gak bisa copot sore harinya malah tambah besar itu luka dan bsk paginya baru saya bawa ke dokter mata dan katanya infeksi mata korneaku rusak dan semoga ajh bisa sembuh doakan saya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ati-ati jangan sembarangan berobatnya..
      Mudah-mudahan bisa sembuh total ya..

      Hapus
  2. Wah saya juga ni sama... emangnya kalo infeksi kornea sembuhnya lama ya mba??
    Saya udah seminggu pake obat resep dokter tapi belum ada perubahan ni..

    BalasHapus
  3. Wah saya juga ni sama... emangnya kalo infeksi kornea sembuhnya lama ya mba??
    Saya udah seminggu pake obat resep dokter tapi belum ada perubahan ni..

    BalasHapus