Cari Blog Ini

Memuat...

04 Agustus 2012

SAP dan Leaflet Diare Pada Anak

Download di link :
Leaflet Diare pada Anak
SAP Diare Pada Anak











SATUAN ACARA PENYULUHAN

Topik              : Diare pada Anak
Sasaran          : Pasien dan keluarga pasien
Tempat           : Ruang Tunggu IRJ Anak RSUD Dr. Soetomo- Surabaya
Hari/Tanggal : Rabu, 25 Januari 2012
Pukul              : 07.30 – 08.00 WIB

I.       Tujuan Instruksional umum
Setelah dilakukan penyuluhan, peserta dapat mengerti dan menambah wawasan mengenai diare pada anak.

II.    Tujuan Instruksional Khusus
Setelah diberikan penyuluhan diharapkan peserta mampu :
  1. Menyebutkan pengertian diare
  2. Menyebutkan penyebab diare
  3. Menyebutkan tanda dan gejala diare
  4. Mengetahui cara mengatasi diare di rumah
  5. Mengetahui cara pencegahan diare

III. Materi
  1. Pengertian diare
  2. Penyebab diare
  3. Tanda dan gejala diare
  4. Cara mengatasi diare di rumah    
  5. Pencegahan diare

IV. Metode
1)      Diskusi
2)      Tanya jawab

V.    Media
  1. Flipchart
  2. Leaflet

VI.  Pengorganisasian
Pembimbing Klinik            : Ari Suwandari, S.Kep.Ns., M.Kep

Pembimbing Pendidikan   : dr. Guntur Budi Wanarto, MS

                                             Rekawati Susilaningrum, A.Per.Pen.,M.Kes

Penyaji                               : Ewing Firmadani Prastiti

                                                    Farah Abidah Rachmawati
Moderator                          :  Febrina Nur Indah Sari
Observer                            :  Mar’atus Sholikha
Fasilitator                           :  Irma Sari Fitriana

Job Description
1. Moderator   :    Mengarahkan jalannya acara
2. Penyaji        :    Menyampaikan materi penyuluhan dan menjawab pertanyaan
3. Fasilitator    :    Membantu mengarahkan peserta untuk bergerak secara aktif dalam  diskusi     
4. Observer     : Mengamati dan mencatat proses jalannya penyuluhan, mengevaluasi jalannya penyuluhan

VII.     Kegiatan Penyuluhan
NO
WAKTU
KEGIATAN PENYULUHAN
KEGIATAN PESERTA
1
3 menit
Pembukaan
a)      membuka kegiatan dengan mengucapkan salam
b)      Memperkenalkan diri
c)      Menjelaskan tujuan dari penyuluhan
d)     Menyebutkan materi yang akan diberikan
e)      Menyampaikan kontrak waktu
Mendengarkan pembukaan yang disampaikan oleh moderator.
2
15 menit
Pelaksanaan
Penyampaian materi oleh pemateri:
a)        Menggali pengetahuan peserta tentang diare
b)        Menjelaskan tentang pengertian diare
c)        Menyebutkan penyebab diare
d)       Menyebutkan tanda dan gejala diare
e)        Menjelaskan tentang penanganan diare di rumah
f)         Menjelaskan tentang pencegahan diare
Mendengarkan dan memberikan umpan balik tehadap materi yang disampaikan.
3
5 menit
Tanya jawab
Memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya tentang materi yang kurang dipahami
Mengajukan pertanyaan
3
4 menit
Evaluasi
Menanyakan kembali kepada peserta tentang materi yang telah diberikan dan reinforcement kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan
Menjawab pertanyaan
4
3 menit
Penutup
a)    Menjelaskan kesimpulan dari materi penyuluhan
b)   Ucapan terima kasih
c)    Salam penutup
Mendengarkan dengan seksama dan menjawab salam

VIII.                   Kriteria Evaluasi
1.      Evaluasi Struktur
a)      Peserta hadir ditempat penyuluhan
b)      Penyelenggaraan penyuluhan dilaksanakan di ruang tunggu IRJ Anak RSUD Dr Soetomo Surabaya. Pengorganisasian penyelenggaraan penyuluhan dilakukan sebelumnya
2.      Evaluasi Proses
a)      Peserta antusias terhadap materi penyuluhan
b)      Peserta mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara benar
3.      Evaluasi Hasil
Setelah penyuluhan diharapkan sekitar 80% peserta penyuluhan mampu mengerti dan memahami penyuluhan yang diberikan sesuai dengan tujuan khusus

Lampiran

MATERI PENYULUHAN
KONSEP DASAR DIARE


1        PENGERTIAN
Beberapa pengertian diare
1.      Diare adalah buang air besar (defekasi) dengan tinja berbentuk cairan atau setengah cairan, dengan demikian kandungan air pada tinja lebih banyak dari keadaan normal yakni 100-200 ml sekali defekasi (Hendarwanto, 1999).
2.      Menurut WHO (1980) diare adalah buang air besar encer atau cair lebih dari tiga kali sehari.
3.      Diare ialah keadaan frekuensi buang air besar lebih dari 4 kali pada bayi dan lebih dari 3 kali pada anak dengan konsistensi feses encer, dapat berwarna hijau atau dapat bercampur lender dan darah (Ngastiyah, 1997).
2        PENYEBAB
1).    Faktor infeksi
a.       Infeksi enteral; infeksi saluran pencernaan yang merupakan penyebab utama diare, meliputi infeksi bakteri (Vibrio, E. coli, Salmonella, Shigella, Campylobacter, Yersinia, Aeromonas, dsb), infeksi virus (Enterovirus, Adenovirus, Rotavirus, Astrovirus, dll), infeksi parasit (E. hystolytica, G.lamblia, T. hominis) dan jamur (C. albicans).
b.      Infeksi parenteral; merupakan infeksi di luar sistem pencernaan yang dapat menimbulkan diare seperti: otitis media akut, tonsilitis, bronkopneumonia, ensefalitis dan sebagainya.
c.       Faktor Malabsorbsi
Malabsorbsi karbohidrat: disakarida (intoleransi laktosa, maltosa dan sukrosa), monosakarida (intoleransi glukosa, fruktosa dan galaktosa). Intoleransi laktosa merupakan penyebab diare yang terpenting pada bayi dan anak. Di samping itu dapat pula terjadi malabsorbsi lemak dan protein.
2).    Faktor Makanan:
Diare dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan basi, beracun dan alergi terhadap jenis makanan tertentu.
3).    Faktor Psikologis
Diare dapat terjadi karena faktor psikologis (rasa takut dan cemas)



3        PATOFISIOLOGI
 
4        TANDA DAN GEJALA
1).    Mula-mula anak/bayi cengeng gelisah, suhu tubuh mungkin meningkat, nafsu makan berkurang.
2).    Sering buang air besar dengan konsistensi tinja cair atau encer.
3).    Warna tinja berubah menjadi kehijau-hijauan karena bercampur empedu.
4).     Anus dan sekitarnya lecet karena seringnya difekasi dan tinja menjadi lebih asam akibat banyaknya asam laktat.
5).    Terdapat tanda dan gejala dehidrasi, turgor kulit jelas (elistitas kuli tmenurun), ubun-ubun dan mata cekung membrane mukosa kering dan disertai penurunan berat badan. 
6).    Perubahan tanda-tanda vital, nadi dan respirasi cepat tekan darah turun, denyut jantung cepat, pasien sangat lemas, kesadaran menurun (apatis, samnolen, soporakomatus) sebagai akibat hipovokanik.
7).     Diuresis berkurang (oliguria sampai anuria).
8).    Bila terjadi asidosis metabolic klien akan tampak pucat dan pernafasan cepat dan dalam (Kusmaul).

5        KLASIFIKASI DIARE
Menurut pedoman MTBS (2000) diare dapat diklasifikasikan,
1.      Diare akut terbagi atas :
a.       Diare dengan dehidrasi berat
b.      Diare dengan dehidrasi ringan/sedang
c.       Diare tanpa dehidrasi
2.      Diare persisten bila diare berlangsung 14 hari/ lebih terbagi atas :
a.       Diare persisten dengan dehidrasi
b.      Diare persisten tanpa dehidrasi
3.      Desentri apabila diare berlangsung disertai dengan darah

6        KOMPLIKASI
1).    Dehidrasi (ringan, sedang, berat, hipotonik, isotonic atau hipertonik).
2).    Renjatan hipovolemik.
Dengan tanda-tanda : Mata mendelik, pandangan kosong, serta ada gerakan-gerakan tangan kaki.
3).    Hipokalemia (dengan gejala mekorismus, hiptoniotot, lemah, bradikardi, perubahan pada elektrokardiagram).
4).    Hipoglikemia.
5).    Introleransi laktosa sekunder, sebagai akibat defisiensi enzim lactase karena kerusakan vilimukosa, usus halus.
6).    Kejang terutama pada dehidrasi hipertonik.
7).    Malnutrisi energi, protein, karena selain diare dan muntah, penderita juga mengalami kelaparan.

7        PENCEGAHAN
Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah diare adalah:
1).    Kebersihan perorangan pada anak. Mencuci tangan sebelum makan dan setiap habis bermain, memakai alas kaki jika bermain di tanah.
2).    Membiasakan anak defekasi di jamban dan jamban harus selalu bersih agar tidak ada lalat.
3).    Kebersihan lingkungan untuk menghindarkan adanya lalat.
4).    Makanan harus selalu tertutup
5).    Kepada anak yang sudah dapat membeli makanan sendiri agar diajarkan untuk tidak membeli makanan di jajanan terbuka
6).    Air minum harus selalu dimasak. Bila sedang terjangkit penyakit diare selain air harus bersih juga harus dimasak
7).    Pada anak yang minum dari botol (dot), botol harus dicuci dan dimasak setiap mau digunakan
8).    Pada ibu menyusui sebelum menyusui bayinya mncuci tangan terlebih dahulu

8        PENATALAKSANAAN DI RUMAH
a.       Berikan ASI lebih lama padas etiap kali pemberian (Bila masih diberi ASI).
b.      Jika diberi ASI ekslusif ,berikan oralit /air matang sebagai tambahan.
c.       Jika tidak diberi ASI ekslusif berikan salah satu cairan berikut : oralit, kuah sayur, air tajin atau air matang.
d.      Berikan oralit , dengan cara
1.      1 bungkus oralit masukkan kedalam 200 ml (1 gelas) air matang
2.      Usia sampai 1 tahun berikan 50-100 ml oralit setiap habis berak
3.      Berikan oralit sedikit-sedikit dengan sendok. Jika muntah tunggu sampai 10 menit, kemudian berikan lagi
Tetapi jika anak muntah lebih sering atau berak-berak terus hingga lebih dari 5 hari atau semakin memburuk sehingga pemberian oralit tidak dapat menolong supaya segera dibawa berobat ke pelayanan kesehatan agar tidak terlambat.
Jelaskan bahwa oralit tidak untuk mengobati diarenya tetapi hanya untuk mencegah agar anak tidak jatuh dalam keadaan dehidrasi berat. Dalam perjalanan agar pasien terus diberi minum untuk mencegah bertambahnya dehidrasi
Kapan anak dibawa ke rumah sakit jika menemukan tanda-tanda sebagai berikut:
e.       Anak muntah tiap kali minum, Karena hal tersebut bias menjadikan diare dengan dehidrasi berat.
f.       Demam
g.      Adanya lender dan darah dalam tinja

9        PENATALAKSANAAN DI RUMAH SAKIT
a.       Pemberian cairan, jenis cairan, cara memberikan cairan, jumlah pemberiannya.
1)      Cairan per oral
Pada
klien dengan dehidrasi ringan dan sedang diberikan per oral berupa cairan yang bersifat NaCl dan NaHCO3 dan glukosa. Untuk diare akut dan kolera pada anak diatas 6 bulan kadar Natrium 90 mEg/l. Pada anak dibawah umur 6 bulan dengan dehidrasi ringan-sedang kadar natrium 50-60 mEg/l. Formula lengkap disebut oralit, sedangkan larutan gula garam dan tajin disebut formula yang tidak lengkap karena banyak mengandung NaCl dan sukrosa.
2)      Cairan parentral
Diberikan
pada klien yang mengalami dehidrasi berat, dengan rincian sebagai berikut:
a.       Untuk anak umur 1 bulan - 2 tahun berat badan 3-10 kg
1 jam pertama : 40 ml/kgBB/menit= 3 tts/kgBB/mnt (infus set berukuran 1 ml=15 ttsatau 13 tts/kgBB/menit (set infus 1 ml=20 tetes).
• 7 jam berikutnya : 12 ml/kgBB/menit= 3 tts/kgBB/mnt (infuse
set berukuran 1 ml=15 ttsatau 4 tts/kgBB/menit (set infus 1 ml=20 tetes).
• 16 jam berikutnya : 125 ml/kgBB/ oralit
b.      Untuk anak lebih dari 2-5 tahun dengan berat badan 10-15 kg
• 1 jam pertama : 30 ml/kgBB/jam atau 8 tts/kgBB/mnt (1 ml=15 tts
atau 10 tts/kgBB/menit (1 ml=20 tetes).
c.       Untuk anak lebih dari 5-10 tahun dengan berat badan 15-25 kg
• 1 jam pertama : 20 ml/kgBB/jam atau 5 tts/kgBB/mnt (1 ml=15 tts
atau 7 tts/kgBB/menit (1 ml=20 tetes).
• 7 jam berikut : 10 ml/kgBB/jam atau 2,5 tts/kgBB/mnt (1 ml=15 tts
atau 3 tts/kgBB/menit (1 ml=20 tetes).
• 16 jam berikut : 105 ml/kgBB
oralit per oral.
d.      Untuk bayi baru lahir dengan berat badan 2-3 kg
• Kebutuhan
cairan: 125 ml + 100 ml + 25 ml = 250 ml/kg/BB/24 jam, jenis cairan 4:1 (4 bagian glukosa 5% + 1 bagian NaHCO3 1½ %.
Kecepatan : 4 jam pertama : 25 ml/kgBB/jam atau 6 tts/kgBB/menit (1 ml = 15 tts) 8 tts/kg/BB/mt (1mt=20 tts).
e.       Untuk bayi berat badan lahir rendah
Kebutuhan
cairan: 250 ml/kg/BB/24 jam, jenis cairan 4:1 (4 bagian glukosa 10% + 1 bagian NaHCO3 1½ %).
b.      Pengobatan dietetik
Untuk
anak dibawah 1 tahun dan anak diatas 1 tahun dengan berat badan kurang dari 7 kg, jenis makanan:
1. Susu (ASI, susu formula yang mengandung
laktosa rendah dan lemak tak jenuh. Makanan setengah padat (bubur atau makanan padat (nasi tim)
- Susu
khusus yang disesuaikan dengan kelainan yang ditemukan misalnya susu yang tidak mengandung laktosa dan asam lemak yang berantai sedang atau tak jenuh.
c.       Obat-obatan
Prinsip
pengobatan menggantikan cairan yang hilang dengan cairan yang mengandung elektrolit dan glukosa atau karbohidrat
lain.


6 komentar:

  1. non sumber referensinya mana..?? :)

    BalasHapus
  2. Irma Sari Fitriana, AMd.Keb
    TRMA kasih ya udah bkin blognya sangat membantu sesama

    BalasHapus
  3. cara downlod nya gmna??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bagian atas sudah saya cantumkan link downloadnya.. terimakasih

      Hapus
  4. downliad nya kk susah..
    lamaa

    BalasHapus