26 Februari 2018

Task 2 : Shokyuu Intensive Class

Menurut saya, konsistensi dari mindset merupakan poin terpenting  yang akan menentukan kualitas perubahan dalam ber-konmari. Beberapa cara yang saya upayakan untuk menjaga mindset tersebut, antara lain:
1. Terus mengupdate ilmu dan informasi yang berkaitan dengan konmari. Salah satunya dengan cara meluangkan lebih banyak waktu untuk mendalami materi-materi yg diberikan dalam Shokyuu Intensive Class ini.
2. Lebih sering melihat-lihat gambar ataupun mengikuti berbagai cerita inspirasi rumah idaman agar bisa lebih memotivasi diri
3. Berkomunikasi dengan suami untuk ikut mendukung bahkan terlibat dalam kegiatan saya dalam berkonmari nantinya.
4  Berusaha lebih bersyukur dan menghargai diri sendiri terutama dalam upaya untuk berbenah, agar lebih mudah memilah barang2 spark joy.

Tentang visualisasi ideal lifestyle, menurut saya sudah detail sesuai dengan harapan saya. Namun, beberapa hambatan yang saya rasakan antara lain:
1. Saya masih tinggal bersama orangtua / mertua, belum memiliki rumah sendiri. Jadi kebebasan dalam berebenah mungkin akan sedikit terbatasi.
2. Saya masih hidup berpindah-pindah, yaitu dalam sebulan saya tinggal di rumah orang tua selama 2 minggu, lalu di rumah mertua selama 2 minggu, begitu seterusnya sehingga barang2 milik saya terbagi dalam 2 tempat.
3. Waktu yang cukup terbatas, dimana saya memiliki 1 balita yg sedang aktif2nya sehingga butuh pengawasan penuh dan sedang hobi berantakin mainan. Saya juga memiliki bisnis online yang lumayan menghabiskan waktu untuk merekap orderan, packing, dan mengirim pesanan.

Solusi :
1. Mengkomunikasikan dengan suami, juga dengan mertua/orangtua tentang keinginan berbenah yang saya lakukan.
2. Memfokuskan terlebih dahulu barang2 milik saya sendiri, baru ke barang lain yg ada di rumah.
3. Membuat jadwal terorganisir tentang manajemen waktu.

Dalam menyusun timeline, saya memulai semuanya dari nol. Belum pernah membaca buku konmari, belum pernah tau apa itu konmari, bahkan saya baru saja menemukan @konmariindonesia beberapa bulan yang lalu.
Tapi justru hal itu membuat saya semakin semangat belajar berbenah dg lebih serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar